Cari Blog Ini

Minggu, 19 Oktober 2014

Memaknai kemerdekaan NKRI


Jika kita menilik pada judul artikel tentu akan muncul pertanyaan "bagaimanasih cara memaknai kemerdekaan?". Memang sih kemerdekaan negara yang kita cintai ini sudah berlangsung 69 tahun yang lalu dan kita tidak terlibat dalam pencapaian kemerdekaan itu. Tapi kita sebagai rakyat Indonesia harus bisa memakai kemerdekaan Indonesia. Apakah sepenting itukah? ya, karena kita merupakan generasi penerus yang menjadi harapan negara tentu harus bisa menghargai jasa para pahlawan yang telah mengorbankan jiwa dan raga untuk mencapai kemerdekaan seperti kata Bung Karno "Bangsa yang besar ialah bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya". lalu gimana caranya memaknai kemerdekaan, apa harus hormat setiap melihat bendera merah putih. Baiklah disini saya akan sedikit berbagi cara memaknai kemerdekaan.

1. Menerapkan nilai-nilai pancasila di dalam kehidupan sehari-hari
    Dalam setiap kehidupan bermasyarakat kita harus menerapkan prlai-nilai pancasila. Pancasila yang menjadi ideologi bangsa, dan merupakan hasil dari interpretasi kepribadian bangsa Indonesia, harus senantiasa diterapkan. Perilaku toleransi, ramah, sopan, santun dan masih banyak lagi nilai-nilai pancasila yang menjadi modal pembentukan karakter bangsa.

2. Menghargai jasa para pahlawan
    Untuk menghargai jasa para pahlawan bisa kita lakukan dengan ikut memeriahkan upacara kemerdekaan, ikut berziarah ke makam pahlawan, atau bisa dengan menambah wawasan tentang pahlawan-pahlawan dengan banyak membaca buku-buku perjuangan mencapai kemerdekaan, dan masih banyak lagi. Yang terpenting kita harus menghargai jasa mereka, karena jika kita ingin dihargai maka kita harus menghargai orang lain dulu. Jadi hargailah jasa para pahlawanmu dan kamu akan dihargai oleh bangsamu.

3 Ikut berpartisipasi dalam pembangunan negara
   Sejarah merupakan pembelajaran untuk masa depan. Agar masa depan kita lebih baik kita harus banyak belajar dari pengalaman masa lalu. Perjuangan para pahlawan dalam mencapai kemerdekaan harus kita tiru dalam perjuangan mencapai kemajuan, kesejahteraan dan kemakmuran negara Indonesia.Indonesia butuh partisipasi rakyat untuk lebih maju. Indonesia butuh pemikiran para pelajar. Indonesia butuh tenaga para buruh. Indonesia butuh loyalitas para pegawai. Indonesia butuh kegigihan para pahlawan, dan Indonesia butuh kita untuk mencapai itu semua.

Mari kita bantu Indonesia mencapai cita-citanya. Cita-cita yang sudah ada bahkan sebelum Indonesia ada dan tetap ada hingga cita-cita itu tercapai, dan meskipun telah tercapai cita-cita itu akan tetap ada bersama Indonesia. Cita-cita Indonesia itu adalah harapan rakyat Indonesia yang bersatu padu, harapan setiap rakyat Indonesia, yang bila rakyat Indonesia itu berjumlah 200juta maka cita-cita itu akan berjumlah 200juta juga bahkan lebih. dan cita-cita itu akan terus bertambah dan berkembang dan akan tetap ada sampai tidak ada lagi rakyat Indonesia. Berusahalah menggapai cita-cita mu, karena cita-cita mu adalah cita-cita "Negara Kesatuan Republik Indonesia"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar